Inilah 3 Perkara yang Harus Disegerakan


Setiap manusia memiliki kepentingan, kebutuhan, pengharapan dan keinginan yang berbeda. Skala prioritas kita pun kadang berbeda-beda, sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang kita lakukan.

Nah… ternyata ada 3 Perkara yang Harus Disegerakan ketika kita dihadapkan pada hal-hal berikut ini. Apa saja 3 hal tersebut? simak penjelasan lengkapnya yang di ambil dari majalah ummi online.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan tiga hal yang harus disegerakan. Tidak boleh ditunda-tunda. Sebagaimana tertera dalam hadits berikut ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda:

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Walaupun dalam hadits ini Rasulullah Saw bersabda kepada Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu, para ulama menjelaskan bahwa hadits ini berlaku umum untuk seluruh umatnya.

1. Shalat tepat waktu

Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk shalat tepat waktu. Bagi laki-laki, shalat berjama’ah di masjid. Namun saat ini, yang terjadi ketika Suara adzan telah berkumandang, banyak orang yang masih sibuk dengan aktivitas duniawinya. Memilih menunda shalat, dan menyelesaikan pekerjaan atau tugas terlebih dahulu dibandingkan memenuhi panggilan-Nya. Hanya beberapa orang yang mendahulukan shalat ke masjid dibandingkan melanjutkan pekerjaannya.

Apapun alasannya, sebaiknya sebagai seorang muslim yang taat, kita harus mendahulukan panggilan-Nya. Meninggalkan segala aktivitas duniawi dan memilih untuk memenuhi panggilan-Nya terlebih dahulu.

Pertemuan dengan Allah adalah kesempatan yang seharusnya sangat kita nantikan. Menceritakan semua keluh kesah, beban, kesedihan, serta mengungkapkan kesyukuran kita pada-Nya.

Kita perlu membiasakan untuk segera bangkit dan menunda aktivitas lainnya ketika adzan berkumandang. Hal ini perlu pembiasaan agar kita terbiasa dan akhirnya menjadi kebiasaan. Merasa tidak nyaman ketika belum shalat saat waktunya tiba.

2. Memakamkan jenazah

Jenazah perlu diurus dan dimakankan dengan segera. Jangan ditunda, lebih baik segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah; jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmat-Nya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.

Terkadang, pengurusan jenazah ditunda-tunda dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan agar seluruh kerabatnya datang dulu melihat wajahnya untuk terakhir kalinya. Ada pula karena alasan ia pejabat atau orang terkenal sehingga ditunda berhari-hari pemakamannya.Na’udzubillah.

3. Menikahkan wanita yang telah datang jodohnya

Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria saleh yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.

Jadi, buat sahabat dunia islam yang punya anak perempuan, jika sudah datang jodohnya maka jangan menunda-nunda untuk segera dinikahkan.

Wallahu’alam.

sumber : ummi-online.net
Tag : inspiratif, Islam
0 Komentar untuk "Inilah 3 Perkara yang Harus Disegerakan"

Back To Top